Monday, November 23, 2009

Aluminum CD-ROM Enclosure - Enclosure Plus Heatsink

CHIP kembali kedatangan produk enclosure. Kali ini adalah 5.25" Aluminum CD-ROM Enclosure. Bagi Anda yang kekurangan tempat untuk CD-ROM pada PC Anda, enclosure ini bisa menjadi salah satu solusi bagi Anda. Enclosure ini mempunyai fungsi mengubah CD-ROM internal Anda menjadi CD-ROM eksternal.
Image
 
Enclosure ini dikeluarkan oleh produsennya dalam tiga tipe, yaitu Premium Series, Deluxe Series, dan Platinum Series. Namun, yang dikirim ke CHIP Test Center adalah tipe Platinum Series. Bodi enclosure ini terbuat dari alumunium yang cukup kuat dan dapat berfungsi juga sebagai heatsink bagi CD-ROM/RW ataupun DVD-ROM Anda. Enclosure ini hanya menggunakan interface USB 2.0 sebagai koneksi ke PC. Enclosure ini sudah bisa mendukung fasilitas hot-swap dan wake-up. Yang dimaksud hot-swap adalah proses penggantian suatu komponen pada PC dengan komponen baru tanpa harus mematikan PC. Yang dimaksud dengan wake-up adalah melanjutkan kembali proses eksekusi yang ditunda.

Cara pemasangan enclosure ini cukup mudah. Pertama, Anda buka panel belakang dari enclosure ini. Kemudian, Anda harus menghubungkan kabel data dan kabel power yang terdapat pada panel belakang enclosure, dengan CD-ROM. Lalu, pasangkan bodi enclosure pada CD-ROM Anda yang sudah terhubung dengan panel belakang enclosure ini. Setelah itu, Anda harus menghubungkan kabel USB 2.0 dan adaptor yang sudah disertakan dalam paket penjualannya dengan panel belakang dari enclosure ini. Langkah pemasangan terakhir adalah Anda harus menghubungkan kabel USB 2.0 yang sudah terhubung dengan panel belakang dari enclosure dengan slot USB 2.0 yang terdapat pada komputer Anda. Anda juga harus menghubungkan adapter yang sudah terhubung dengan panel belakang enclosure dengan sumber listrik. Setelah selesai, enclosure ini siap digunakan. Enclosure ini dapat langsung dikenali dan bekerja pada komputer Anda (Plug and Play).

Ketika diuji oleh CHIP, enclosure ini memberikan hasil yang cukup baik untuk kecepatan membaca data dari DVD, yaitu 5297.6 Kb/s. Enclosure ini cukup mudah dalam pemasangannya dan sudah mendukung hampir semua sistem operasi (OS) yang ada saat ini, kecuali Windows 95. Buku petunjuk yang disertakan dalam paket penjualannya cukup membantu dalam pemasangan. Selain itu, produk ini juga menyediakan CD driver yang berisi banyak utility.

No comments: